TUGAS INDIVIDU WORKSHOP KURIKULUM PENDIDIKAN RUMAH ANAK USIA DINI
KELOMPOK HITAM (TEMA: PEKERJAAN DAN LINGKUNGAN UNTUK TK B)
Tema : Pekerjaan (TK B)
Target Kompetensi:
1. Berbahasa (membaca kata pada gambar, mengucapkan lafal dengan benar profesi dalam bahasa arab, bercerita mengenai kegiatan pada gambar)
2. Motorik (menggunting sesuai pola, menempel gambar dengan tepat, menulis)
Seni (menghias dan mewarnai)
Ide Kegiatan:
Membuat Kreasi Kartu Pekerjaan
Alat dan Bahan:
Gambar pekerjaan dan tulisan pekerjaan beserta bahasa arabnya (bisa donlot atau dari kamus)
Karton warna warni
Gunting
Lem/double tip
Pensil warna dan alat tulis
Penggaris
Kegiatan:
1. Menempel (gambar dan tulisan) tentang pekerjaan di karton berwarna
2. Menggunting sesuai pola
3. Mewarnai kartu
4. Membaca tulisan yang tertera pada gambar serta diminta menirukan pelafalan dalam bahasa arab
5. Menceritakan apa yang dilakukan orang yang memiliki pekerjaan dalam gambar (dimana bekerjanya, peralatan yang biasa digunakan, dll).
6. Bermain tebak-tebakan kartu dengan “clue”, misal: memakai jas putih, bekerja di rumah sakit, alat kerjanya stetoskop, dll.. siapakah beliau? Jika sudah bisa menulis jawaban pada kertas untuk dicocokan.
Integrasi dengan ilmu dien:
1. Dialog bersama terkait akhlak pekerja: amanah dan shidiq.
2. Membaca hadits
Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari al-Miqdam bin Ma’dariba ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:
Ù…َا Ø£َÙƒَÙ„َ Ø£َØَدٌ Ø·َعَامًا Ù‚َØ·ُّ Ø®َÙŠْرًا Ù…ِÙ†ْ Ø£َÙ†ْ ÙŠَØ£ْÙƒُÙ„َ Ù…ِÙ†ْ عَÙ…َÙ„ِ ÙŠَدِÙ‡ِ ÙˆَØ¥ِÙ†َّ Ù†َبِÙŠَّ اللَّÙ‡ِ دَاوُدَ عَÙ„َÙŠْÙ‡ِ السَّÙ„َام Ùƒَانَ ÙŠَØ£ْÙƒُÙ„ُ Ù…ِÙ†ْ عَÙ…َÙ„ِ ÙŠَدِÙ‡ِ
“Tidak ada seseorang makan makanan yang lebih baik daripada makan hasil usahanya sendiri, dan sesungguhnya Nabi Allah Daud as makan dari hasil usahanya sendiri.”[HR. Bukhari]
Notes: aktifitas ini dilakukan kemarin (21 Februari 2018) bersama putri saya (6 tahun). Ide kegiatan sebenarnya utamanya untuk melatih motorik halus dalam hal menggunting sesuai pola dan menempel dengan tepat. Qodarullah, setelah ada 2x kecelakaan, motorik halus perlu banyak distimulasi karena belum optimal. Alhamdulillah alaa kulli hal, kemampuan membaca dan menulis alhamdulillah sudah mulai terlihat berkembang.
Tema : Lingkungan (Dapur Rumah)
Target kompetensi:
1. Menumbuhkan kebiasaan anak melakukan pekerjaan rumah tangga
2. Kognitif, berhitung (menghitung jumlah bahan masakan, peralatan makan yang perlu disiapkan)
3. Sains (membahas tentang api yang bersifat panas, bisa membakar, manfaatnya untuk memasak)
Ide Kegiatan:
Memasak di dapur bersama ibu
Kegiatan:
1. Menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak
2. Memasak makanan sederhana dengan supervisi (menggoreng ayam)
3. Menaruh lauk di piring
4. Membantu menyiapkan makan malam
5. Mencuci piring makan yang sudah digunakan anak
Integrasi dengan ilmu dien:
Dialog iman terkait “api yang panas” jadi teringat surat at tahrim: 6. Panasnya api di dunia sudah bisa membakar, apalagi api neraka.
Notes: sebelum kegiatan, ibu sudah menginformasikan bagaimana berkegiatan “secara aman” di dapur.
Tema : Lingkungan (Kamar Tidur Anak)
Target Kompetensi:
1. Menumbuhkan kebiasaan anak melakukan pekerjaan rumah tangga,
2. SOSEK: Menumbuhkan cinta dan memelihara kebersihan dan kerapihan lingkungan rumah (khususnya kamar)
3. SOSEK: Menumbuhkan menjaga dan memelihara milik sendiri (kamar dan propertinya, mulai dari pakaian, mainan, dsb)
4. SOSEK: Menumbuhkan tanggungjawab dalam menyelesaikan kegiatan
Ide Kegiatan:
Membersihkan dan merapihkan kamar tidur
Kegiatan pagi hari:
1. Merapihkan tempat tidur,
2. Menyapu kamar tidur,
Kegiatan sebelum tidur:
1. Membereskan mainan dan buku setelah menggunakan ke tempatnya kembali (yang sudah dinamai)
2. Menyusun pakaian yang sudah disetrika ke lemari pakaian (baju di tempat baju, kerudung di tempatnya, kaos kaki di tempatnya, dll)
3. Merapihkan tempat tidur sebelum beranjak tidur
KELOMPOK HITAM (TEMA: PEKERJAAN DAN LINGKUNGAN UNTUK TK B)
Tema : Pekerjaan (TK B)
Target Kompetensi:
1. Berbahasa (membaca kata pada gambar, mengucapkan lafal dengan benar profesi dalam bahasa arab, bercerita mengenai kegiatan pada gambar)
2. Motorik (menggunting sesuai pola, menempel gambar dengan tepat, menulis)
Seni (menghias dan mewarnai)
Ide Kegiatan:
Membuat Kreasi Kartu Pekerjaan
Alat dan Bahan:
Gambar pekerjaan dan tulisan pekerjaan beserta bahasa arabnya (bisa donlot atau dari kamus)
Karton warna warni
Gunting
Lem/double tip
Pensil warna dan alat tulis
Penggaris
Kegiatan:
1. Menempel (gambar dan tulisan) tentang pekerjaan di karton berwarna
2. Menggunting sesuai pola
3. Mewarnai kartu
4. Membaca tulisan yang tertera pada gambar serta diminta menirukan pelafalan dalam bahasa arab
5. Menceritakan apa yang dilakukan orang yang memiliki pekerjaan dalam gambar (dimana bekerjanya, peralatan yang biasa digunakan, dll).
6. Bermain tebak-tebakan kartu dengan “clue”, misal: memakai jas putih, bekerja di rumah sakit, alat kerjanya stetoskop, dll.. siapakah beliau? Jika sudah bisa menulis jawaban pada kertas untuk dicocokan.
Integrasi dengan ilmu dien:
1. Dialog bersama terkait akhlak pekerja: amanah dan shidiq.
2. Membaca hadits
Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari al-Miqdam bin Ma’dariba ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:
Ù…َا Ø£َÙƒَÙ„َ Ø£َØَدٌ Ø·َعَامًا Ù‚َØ·ُّ Ø®َÙŠْرًا Ù…ِÙ†ْ Ø£َÙ†ْ ÙŠَØ£ْÙƒُÙ„َ Ù…ِÙ†ْ عَÙ…َÙ„ِ ÙŠَدِÙ‡ِ ÙˆَØ¥ِÙ†َّ Ù†َبِÙŠَّ اللَّÙ‡ِ دَاوُدَ عَÙ„َÙŠْÙ‡ِ السَّÙ„َام Ùƒَانَ ÙŠَØ£ْÙƒُÙ„ُ Ù…ِÙ†ْ عَÙ…َÙ„ِ ÙŠَدِÙ‡ِ
“Tidak ada seseorang makan makanan yang lebih baik daripada makan hasil usahanya sendiri, dan sesungguhnya Nabi Allah Daud as makan dari hasil usahanya sendiri.”[HR. Bukhari]
Notes: aktifitas ini dilakukan kemarin (21 Februari 2018) bersama putri saya (6 tahun). Ide kegiatan sebenarnya utamanya untuk melatih motorik halus dalam hal menggunting sesuai pola dan menempel dengan tepat. Qodarullah, setelah ada 2x kecelakaan, motorik halus perlu banyak distimulasi karena belum optimal. Alhamdulillah alaa kulli hal, kemampuan membaca dan menulis alhamdulillah sudah mulai terlihat berkembang.
Tema : Lingkungan (Dapur Rumah)
Target kompetensi:
1. Menumbuhkan kebiasaan anak melakukan pekerjaan rumah tangga
2. Kognitif, berhitung (menghitung jumlah bahan masakan, peralatan makan yang perlu disiapkan)
3. Sains (membahas tentang api yang bersifat panas, bisa membakar, manfaatnya untuk memasak)
Ide Kegiatan:
Memasak di dapur bersama ibu
Kegiatan:
1. Menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak
2. Memasak makanan sederhana dengan supervisi (menggoreng ayam)
3. Menaruh lauk di piring
4. Membantu menyiapkan makan malam
5. Mencuci piring makan yang sudah digunakan anak
Integrasi dengan ilmu dien:
Dialog iman terkait “api yang panas” jadi teringat surat at tahrim: 6. Panasnya api di dunia sudah bisa membakar, apalagi api neraka.
Notes: sebelum kegiatan, ibu sudah menginformasikan bagaimana berkegiatan “secara aman” di dapur.
Tema : Lingkungan (Kamar Tidur Anak)
Target Kompetensi:
1. Menumbuhkan kebiasaan anak melakukan pekerjaan rumah tangga,
2. SOSEK: Menumbuhkan cinta dan memelihara kebersihan dan kerapihan lingkungan rumah (khususnya kamar)
3. SOSEK: Menumbuhkan menjaga dan memelihara milik sendiri (kamar dan propertinya, mulai dari pakaian, mainan, dsb)
4. SOSEK: Menumbuhkan tanggungjawab dalam menyelesaikan kegiatan
Ide Kegiatan:
Membersihkan dan merapihkan kamar tidur
Kegiatan pagi hari:
1. Merapihkan tempat tidur,
2. Menyapu kamar tidur,
Kegiatan sebelum tidur:
1. Membereskan mainan dan buku setelah menggunakan ke tempatnya kembali (yang sudah dinamai)
2. Menyusun pakaian yang sudah disetrika ke lemari pakaian (baju di tempat baju, kerudung di tempatnya, kaos kaki di tempatnya, dll)
3. Merapihkan tempat tidur sebelum beranjak tidur



Komentar
Posting Komentar